Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net

Sabtu, 21 Februari 2009

Implikasi pendekatan Penilaian yang Dipakai

Pendekatan penilaian yang dipakai menimbulkan berbagai implikasi: 1.   Program   pengajaran   dan   penilaian   dalam   pendekatan   kompetensi menuntut  pelaksanaan pengajaran yang terencana, terarah, dinamis dan membimbing. 2.   Pengajar  perlu  memiliki  kemantapan  keterampilan  dalam  menyusun program    pengajaran    dan    sekaligus    program    menilaiannya    yang berorientasikan pada kompetensi. 3.   Baik  pengajar  maupun  mahasiswa  memerlukan  sumber-sumber  dan sarana belajar-mengajar yang cukup.     4.   Dalam  program  penilaian  terbuka  mahasiswa  perlu  mengetahui  program penilaian, kriteria keberhasilan dan hasil-hasil penilaian. 5.   Kegiatan  mengajar  tidak  semata-mata  dimuka  kelas,  sesuai  dengan ketentuan  sistem  kredit  semester,  kegiatan  kuliah  dengan  harga  1  sks mencakup beban pengajaran untuk penyelenggaraaan tiga jenis kegiatan setiap Minggu yaitu: 60 menit untuk pengembangan bahan pelajaran. 50 menit untuk kegiatan tatap muka dengan mahasiswa. 60 menit untuk usaha penilaian dan kegiatan perencanaan lanjutan. Dalam 60 menit terakhir itu pengajar dituntut untuk menyediakan diri bagi pertemuan  dengan  mahasiswa  baik  secara  perseorangan  maupun  dalam kelompok, untuk membahas hal-hal khusus berkenaan dengan kemajuan dan masalah-masalah pelajaran yang dihadapi. 6.   Mahasiswa dituntut untuk belajar secara dinamis. 7.   Program penilaian yang terarah dan terencana menuntut sistem palporan yang  lengkap  dan  rapi,  baik  untuk  keperluan  mahasiswa  sendiri  dan keperluan  pengajar,  maupun  untuk    keperluan  fakultas  dan  perguruan tinggi. 8.   Pengajar memerlukan berbagai sarana administrasi untuk penyusunan dan pelaksanaan program pengajaran dan penilaian. 9.   Program   pengajaran   dan   penilaian   perlu   dicatat   dan   hasil-hasilnya disimpan secara baik. 10. Karena  program  pengajaran  dan  penilaian  ini  bersifat  menyeluruh  dan relatif  menuntut  lebih  banyak  waktu  dan  keterlibatan  pengajar,  perlu dipikirkan  variasi  jenis  matakuliah  yang  dipegang  oleh  setiap  tenaga pengajar beserta konsekuensinya.

1 komentar:

chord mengatakan...

wah..bagus artikelnya sob...salam kenal ya..btw tukeran link yuk..

Posting Komentar